HAQQUL JASADI
WAHQQUR-RUUH:
Telah berkata syaikhul
masyaikhil Hamzah Szthoh:
Man lam ya’lam haqqul jasadi wahaqur-ruuhi
wahaqqur-rabbi fahayatuhu kahayawani.
Artinya : barangsiapa yang
tidak mengetahui hal yang sebenar-benarnya (Jasad) dan yang
sebenar-benarnya (Nyawa/ruuh) dan yang sebenar-benarnya (Tuhan),
maka hidupnya itu seperti (Hayawan).
Maka hendaknya diketahui
:
Siapa yang memerintah
engkau,
Yakni menjadikan engkau
jasad,
Dan yang menghidupkan
nyawa engkau,
Dan yang menggerakkan
engkau,
Bahwasanya jasad itu
daripada (Nur Muhammad) asalnya,
Sedangkan Nur Muhammad
itu (Rahul Qudus),
Yang dijadikan oleh Allah
daripada sirnya (rahasianya),
dan artinya, Siir itu (kehendak Allah) semata-mata,
Sebagaimana dikatakan
dalam sabda rasulullah:
Ana min nuuridz-dzati wal’alamu minni,
artinya : daku ini
daripada cahya-nya Dzat (allah) dan
semesta alam ini daripadaku,
bahwasanya jasad itu
dijadikan oleh allah itu daripada (tanah),
maksudnya asalnya daripada (anasir yang
empat)
1 . Air,
2 . Angin,
3 . Api,
4 . Tanah,
Dan
nyawa di Jadikan-nya daripada ( Nur Muhammad,)
Dan
gerak di Jadikan-nya oleh Allah daripada ( Wahdatul Af-al.)
Maka
dinamakan dia (Insan) nyatanya (Insan kamil),
Dan
nyatanya (Insan kamil) itu (Muhammad),
Dan
nyatanya (Muhammad) itu (Rahasia),
Dan
nyatanya (Muhammad) itu (Rasulullah),
Dan
nyatanya (Rasulullah) itu (Rahasia),
Dan
nyatanya (Rahasia) itu (Nyawa),
Dan nyatanya (Nyawa) itu
(Hati),
Dan nyatanya (Hati) itu
(Tubuh),
Dan nyatanya (Tubuh) itu
(Insaniyah),
Dan adapun insaniyah itu
tempat nyatanya pada segala kenyataan (hati),
Dan hati itu tempat
melihatbarang yang baik dan yang buruk,
Adapun antara (Hamba)
dengan (Tuhan) itulah (nyawa),
Dan antara nyawa dengan
tubuh itulah (Hati), begitulah jangan syak lagi.
TARTIBUL
ASHLIYAH
Keterangan tentang
peratutan / susunan yang bangsa (Ashliyah)
1
. Syare’at -------------Kelakuan
2
. Thoreqat-------------Perjalanan
3
. Haqeqat -------------Kebenaran
4 . Ma’rifat -------------Kepastian
1 . Wujud ---------------Wadi
2 . ‘Ilmu ---------------- Madi
3 . Nuur -----------------Mani
4 . Syahud --------------Manikum
1 . Narun --------------- Jalal
2 . Rihun ----------------Jamal
3 . Maun ----------------Qohar
4 . Turobun -------------Kamal
1 . Af-al -----------------Mu’min
2 . Asma ----------------Adam
3 . Shifat ----------------Muhammad
4 . Dzat -----------------Allah
Adapun yang di namakan (Dzat)
itu atas empat perkara :
1 . Shifat Jalal,
2 . Shifat Jamal,
3 . Shifat Qohar
4 . Shifat Kamal,
Adapun yang di namakan (Allah)
itu atas! empat perkara :
………………………………………………………………………
1 . Dzat,
2 . Shifat,
3 . Asma,
4 . Af-al,
Adapun yang i Namakan ( Muhammad
) itu atas empat perkara :
1 . Wujud
2 . ‘Ilmu,
3 . Nuur,
4 . Syahud
Adapun yang dinamakan (
Insan ) itu atas empat perkara :
1 . Wadi
2 . Maadi,
3 . Mani,
4 . Manikum,
Adapun yang di namakan(jisim
/ jasad) itu atas mpat perkara :
1 . Narun, ===Api
2 . Rihun, ===Angin
3 . Maun, ===Air
4 . Turobun, ==Tanah
Adapun yang di namakan
(tubuh jasmani) itu atas empat perkara :
1 . Jaldun ==Kulit
2 . Lahmun =Daging
3 . ‘Arqun ==Urat
4 . ‘Izhomun =Tulang
Adapun yang di namakan
harkat (geraq) itu atas dua perkara :
1 . Budi
2 . ‘Aqal
Pertemuan budi engan ‘aqal itulah menjadi harkat = Geraq, ya’ni
kemauan / keinginan, yang di namakan: (Wahdatul
Af-‘al.)
Bersamung ke_11_E
Tidak ada komentar:
Posting Komentar