Panduan Dzikrullah

Panduan Dzikrullah

Rabu, 21 Oktober 2015

BAB_13_A_Keterangan perihal : nama–nama (Hati)



Keterangan perihal : nama–nama (Hati)

Bahwasanya nama – nama Hati itu bermacam2, diantaranya yang tersebut didalam firman Allah ta’ala, Shodru–Qolbu– fu’adu–Syaghofi–Lubbun – (Albab) sirr 

 

Afaman syarohallahu shodrohu lil islami fahuwa ‘ala nuurin mirrobbihi, fawaelun lilqosyati Qulubuhum mindzikrillahi, ulaaika fii dholaalimmubiin.

Artinya : adalah orang yang telah dilapangkan oleh Allah dadanya (Hatinya) untuk islam maka orang itu diatas cahya dari tuhannya, maka neraka wel bagi segala mereka yang kusut hatinya daripada mengingat Allah, mereka inilah dalam kesesatan. 

 

Dan lagi firmannya : ulaaika kataba fii qulubihimul imaanu waayyadahum biruuhi minhu ( al-mujadalah .22 )

Artinya : mereka itu disuratkan oleh Allah di dalam hati mereka keimanan dan diteguhkan mereka dengan ruuh (‘ilmu) dari Allah. dan hati itu dinamakan juga : (fu’ad )  sebagai mana di dalam firman Allah ta’ala :  

Makadzabal fu’adu maroaa (annajmu. 11)

Artinya : tiadalah berdusta Fu’ad itu ( Hati Muhammad ) mengenai apa yang dilihatnya.

Dan Hati itu dinamakn juga : (syaghofi,) seperti dalam firman Allah ta’ala : 


Qod saghofaha hubban.

Artinya : sesungguhnya sangat mendalam Hatinya mencintainya. Juga hati itu dinamakan pula : Lubbun (Albab) seperti dalam ayat : 
 

Inna fii kholqissamaawaati wal ardi wakhtilafillaili wannahar laayatil liuulil albab (al–‘imran. 190)
Artinya : sesungguhnya pada kejadian langit dan bumi dan pada pergantian malam dengan siang benar – benar terdapat bukti wujudullah dan kekuasaannya bagi mereka yang ber’akal quat dan jernih.
Dan setengah dari pada itu Hati dimengenakan ( sirr ), dalilnya firman Allah ta’ala dalam hadits qudsi :




Al insanu sirri wa ana sirruhu
Artinya :  tiadalah melebihi kamu abubakar itu dengan banyaknya shalat dan berpuasa tetapi dengan sebab Rahasia yang amat berat / kokoh di dalam dadanya.
Dan telah pula berkata abubakar shidiq .r.a. :

Artinya : bahwa manusia yang kamil almukamil itu rahasia kami dan kami rahasia mereka. Maksudnya : manusia itu rahasia kami – ‘ilmu laduni dan ‘ilmu ma;rifat – dan bahwa : kami rahasia mereka – kamilah pandangan hati mereka, dan pendengarannya dan penglihatannya dan wujudnya dengan kami dari pada kami kepada kami tiada beserta dengan mereka hanyalah kami.
Diantara mahabbah utama yang telah mendapat rahasia tersebut adalah saidina Abubakar .r.a karena Nabi .s.a.w  telah bersabda : 
 

Maafadhollakum abubakrin bikasroti sholatin washiyamin bal bisirri waqri fii shodrihi.

 Bersambung ke_13_B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar